Kamis, 16 Juli 2009

Islam is Beautiful

Hei..hei..
para blogger..
ketemu lagi nih..
hehe,,

oia..gw mau nanya deh..
masa2 TK sama SD lo..lo abisin buat apa??
hal-hal yang bergunakah??
hehe,,
nih..gw kasih kisah bagus..dari hidup gw..hahahaha,,rada narsis boleh yaaaaa...
tapi ini juga berguna buat para calon orang tua..termasuk gw..
hehehehe,,

nah..percaya atau ga ya..
gw tuh..dimasukkin madrasah sama bonyok gw pas gw TK..
madrasah itu namanya NURUL HIDAYAH..
yapz..jadwal gw waktu itu..
gw pagi ampe siang sekolah..ampe jam 12..nah jam 1 ampe jam 5 gw ngaji deh di nurul hidayah (NH)..

NH tuh salah satu madrasah tersohor di lingkungan rumah gw..
maklum aja..gw tinggal di perkampungan..jadi..bukan di perumahan..
adat bekasi masih kental banget di sekitar rumah gw..tapi gw salit adat bekasi!!kebersamaannya cuy..erat banget..
nah..NH ini terkenal karena didikannya yang keras..
dan tokoh NH pada saat itu adalah Bapak USTADZ SYARIFUDDIN..
beliau adalah orang yang pertama kali ajarin gw solat dan baca al-qur'an..
gw inget banget waktu gw pertama kali belajar duduk tahiyat..
gw bilang gini "aduh bapak..jari kaki ku sakit.."..lalu aku keukeuh untuk tidak melanjutkan solat..
eh..kata bapak UDIN (panggilan pak syarifuddin) begini.."ayo..kamu pasti bisa..kalo jari kamu patah..bapak rela ko ganti sama jari kaki bapak, yang penting kamu solat"..
ga tau kenapa dengan keluguan anak berumur 4,5 tahun..gw langsung mau dan akhirnya bisa...
dan gw baru sadar sekarang..kalo hal itu mungkin yang membangkitkan 'ruh' islam gw..

dan hal itu juga yang bikin gw sedih ampe nangis2..
karena pak udin ku tercinta..
sudah meninggal dunia..
aku ingat hal itu terjadi pas gw kelas 2 SMP..
pagi2. pas gw abis beli nasi uduk..
waktu gw denger berita itu..gw langsung lemes dan langsung nangis jejeritan..
sangat amat sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh bgt..
gw udah anggep bapak udin sebagai bapak ke dua gw..

oia..gw ulas sedikit tentang masa2 ngaji gw..
bahwa untuk masuk madrasah itu juga di tes untu placement nya..
dan gw dimulai dari kelas 1..
lalu,, 2 tahun berikutnya gw udah kelas 5..
itu merupakan waktu tercepat..karena waktu itu gw masih kelas 2 SD..tapi harus sekelas sama temen2 dari kelas SD,SMP bahkan SMA..
Gw yang paling muda deh!!
dan alhamdulillah..ketika gw kelas 3 SD..gw sudah khatam al qur'an..
bukan hal yang mudah untuk bisa hafal qur'an..
sebelum dilantik..ada beberapa tes juga tentang makhroj dan tajwid juga hafalan juz 30 untuk bisa dikatakan khatam dari madrasah itu..
dan alhamdulillah..aku lulus tes pada saat itu..
uniknya di madrasah itu..tiap ada yang khatam..dibuat suatu perhelatan besar dan diarak keliling kampung dan ada prosesi pemotongan tumpeng dan hapalan juz 30 dari masing2 yang khatam..
wahhh..seru banget..
gw inget,.waktu itu gw khatam sama kakak gw yang udah kelas 2 SMP..
hahahahaha,,

akhirnya kelas 4 SD masih di kelas 5 madrasah itu..gw diangkat jadi mentor..
tugas mentor ini..mengajarkan murid2 kelas 1,2,3,4 di madrasah itu..untuk belajar iqra' dan juz 'amma..
dan untuk memenuhi tanda tangan catatan baca alqur'an..

oia..tiap minggu itu ada evaluasi dari Bapak udin..
bagi murid yang tidak memenuhi target..maka buku catatannya dirobek lalu disabet tangannya pake kayu lalu disusruh untuk piket membersihkan sampah di lingkungan madrasaah dan masjid!!!
mangkanya..madrasah ini dikenal disiplin dan galak!!

wah..bukan hal mudah deh..

dan uniknya juga..di madrasah itu..aku benar digembling tentang islam..segalanya..oia..ada juga lo ekskursi ke berbagai tempat2 islami..

mungkin..waktu itu..dimata pak udin aku dinilai orang yang lebih dari teman se usiaku..
mangkanya..bapak udin sering mempercayaiku untuk menjadi ketua kelompok atau pengisi acara di berbagai perhelatan islam..
dan juga sering menjuarai berbagai kompetisi lomba islami..
padahal waktu itu aku masih SD..

Lalu..aku ingat..ketika aku kelas 6 SD..Bapak udin memanggilku untuk ke dalam ruangannya..
dan beliau mengatakan..
"Sokhib,nama kamu jangan ada 'K' nya ya..jadi SHOHIB aja ya..oia..kalo kalu sudah Lulus SMA nanti..bapak mau kamu temui bapak ya..ada hal yang ingin bapak bicarakan!"
gw hanya terdiam pada saat itu..seolah mengiyakan..

ternyata 1,5 tahun sejak itu..
Bapak Udin..menghadap ke rahmatullah..

Aduh..sedih banget kalo inget itu ya..
tapi gw yakin..pasti beliau akan mendapat syurganya Allah..
yaaa..secara hidup belaiu di dunia..
amal baik terus..

nah..hal yang menginspirasi gw adalah..
bahwa..nanti gw bertekad ah..kalo udah punya anak..gw akan ngelakuin hal yang sama kaya ortu gw..untuk dimulai sejak dini untuk mengenalkan anak pada dunia islam..
karena ga tau kenapa..gw ngerasa dengan apa yang gw dapet sekarang..
intelektual dan cara berpikir gw..
yaaa..sangat amat dipengaruhi dari apa yang gw dapet pada masa kecil!!
dengan gw berprestasi di madrasah..gw juga berprestasi di sekolah..apalgi pelajaran agama..selalu 9!!
sangat membantu kan???

yaaa..banyak lah hal yang gw dapet dari masa2 ngaji gw ini..
kalo ya..mungkin kalo gw dulu dimanjain dididiknya..ga akan pernah deh..gw punya motivasi untuk terus mau belajar dan berprestasi..
memang..orang tua gw juga termasuk yang keras dalam hal mendidik anak..

but..proud to be (alm.) Bapak Ustadz Syarifuddin dan my parents..
atas seluruh arti hidup yang engaku berikan..

ok..itu aja..
semoga bermanfaat yaaa..n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar